NEWS UPDATE :  

Berita

APA ITU BIMBINGAN DAN KONSELING?

Syamsu Yusuf (2009: 38) mengatakan bahwa bimbingan merupakan proses pemberian bantuan (process of helping) konselor kepada individu (konseli) secara berkesinambungan agar mampu memahami potensi diri dan lingkungannya, menerima diri, mengembangkan dirinya secara optimal, dan menyesuaikan diri secara positif dan konstruktif terhadap tuntutan norma kehidupan (agama dan budaya) sehingga mencapai kehidupan yang bermakna (berbahagia), baik secara personal maupun sosial”.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan konseling adalah layanan yang diselenggarakan sekolah untuk memfasilitasi perkembangan siswa agar mampu mengembangkan dirinya secara optimal.

              Terdapat 4 Bidang Layanan dalam Bimbingan dan Konseling :

1.      Bidang Layanan Pribadi

Membantu peserta didik dalam memahami, menilai bakat dan minat serta kehidupan yang berkarakter dan beragama sesuai dengan karakteristik kepribadian.

2.      Bidang Layanan Belajar

Layanan bimbingan yang diberikan pada siswa untuk membentuk kebiasaan belajar yang baik, mengembangkan rasa ingin tahu dan menumbuhkan motivasi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan

3.      Bidang Layanan Sosial

Membantu peserta didik dalam memahami dan menilai serta mengembangkan kemampuan hubungan sosial.

4.      Bidang Layanan Karir

     Bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai informasi, serta memilih dan mengambil keputusan karir.


FUNGSI BIMBINGAN KONSELING

                Penyelenggaraan BK di sekolah-sekolah umum tentulah memiliki suatu tujuan yang sama, yaitu sebagai fasilitas dalam membantu mengembangkan potensi anak didik dalam aspek perkembangannya (baik itu aspek fisik, intelektual, emosi, social serta moral spiritual).Adapun Fungsi dari Bimbingan dan Konseling:

  1. Fungsi Pemahaman, Dalam hal ini, diharapkan peserta didik memiliki pemahaman tentang dirinya serta pemahaman tentang lingkungan sekitarnya. Diharapkan dari pemahaman ini anak didik mampu mengoptimalkan potensi yangada pada dirinya serta mampu menempatkan dirinya pada situasi apapun yang terjadi dilingkungan kehidupannya
  2. Fungsi Preventif, Dalam fungsi ini, diharapkan anak didik mendapakan arahan tentang ancaman atau bahaya-bahaya yang berpotensi menyerang dirinya. Ancaman atau bahaya dalam hal ini adalah seluruh ancaman yangdapat membahayakan atau merugikan anak didik dalam menjalani kehidupannya. Seperti arahan tentang bahayanya   mendekati atau menggunakan narkoba da masih banyak lagi ancaman lainnya.
  3. Fungsi Pengembangan, Fungsi pengembangan ini hampir sejalan dengan fungsi pemahaman, namun fokusnya disini adalah focus pada membantu anak didik dalam mengembangkan aspek perkembangannya. Sesuai dengan fungsinya, ada beberapa teknik yang digunakan dalam menunjang pengembangan anak didik tersebut.Di antaranya adalah diskusi kelompok, curah pendapat atau brain storming,karya wisata dan lainnya.
  4. Fungsi Penyembuhan, Fungsi penyembuhan di sini bukan berarti menyembuhkan penyakit layaknya seorang dokter yah, melainkan menyembuhkan masalah-masalah perkembangan yang telah atau yang sedang dijalani anak didik seperti masalah pribadi, social, serta belajar. Contohnya masalah dalam memahami salah satu mata pelajaran, ini dapat dibantu dengan mengkomunikasikan pada guru BK kemudian guru BK dapat menindak lanjuti dengan meminta guru mata pelajaran tersebut mengganti metode dalam pengajaran mata pelajaran tersebut.
  5. Fungsi Penyaluran, Dalam fungsi ini, guru sebagai konselor membantu anak didik dalam memilih kegiatan ekstra di sekolah, memilih jurusan atau program studi yang di inginkan anak didik sesuai dengan minat bakat, keahlian yang dimilikinya. Dalam memenuhi tugas ini, guru BK tidak boleh jalan sendirian, harus bekerja sama dengan guru yang lain ataupun bekerja sama dari lembaga lain yang berkaitan.
  6. Fungsi Adaptasi, Dalam fungsi ini, guru BK dapat membantu guru-guru lainnya dalam menyusun program pembelajaran yang disesuaikan dengan minat, kemampuan, serta kebutuhan anak didik.
  7. Fungsi Perbaikan,Fungsi BK dalam hal ini membantu anak didik sehingga dapat memperbaiki kekeliruan berpikirnya, mampu memperbaiki kesalahan dalam nalar perasaannya, serta mampu memperbaiki kesalahan anak didik dalam bertindak. Bukan hanya memperbaiki, tapi juga guru BK sebagai pengarah untuk anak didik agar senantiasa memiliki pola pikir yang positif sehingga mempengaruhi anak didik dalam bertindak posititf pula.
  8. Fungsi Pemeliharaan, dalam hal ini guru BK membantu pesertadidik dalam menjaga susasna yang kondusif yang telah tercipta pada diri peserta didik sehingga aman dari segala yang mengancam suasana kondusif tersebut.

Nah itulah dia beberapa fungsi dari penerapan BK pada lingkungan sekolah, semoga dengan mengetahui fungsi dari penerapan BK ini dapat menjadi evaluasi untuk penerapan BK di sekolah-sekolah kedepannya.


PENERIMAAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) 2022/2023
Panduan Cara Pendaftaran Dengan Sistem PPDB Online


Berikut Panduan Cara Pendaftaran Dengan Sistem PPDB Online:

  1. Baca syarat pendaftaran lebih dahulu agar calon siswa/wali dapat menyiapkan dokumen pendukungnya
  2. Calon siswa/wali melakukan pendaftaran untuk mendapatkan akun di sistem PPDB online ini dengan klik Mulai Daftar, isi form nama,isi form NISN ( Apabila belum mempunyai NISN maka kolom nya di isi dengan no acak sebanyak 8 digit), alamat, no telepon, dan email dengan data yang valid.
  3. Calon siswa/wali selanjutnya Login dengan memasukkan alamat email dan password yang tadi didaftarkan ketika membuat akun
  4. Calon siswa/wali selanjutnya mengisi form Formulir Pendaftaran pada halaman akun PPDB online ini (isi semua form dengan data yang valid dan lengkap.
  5. Calon siswa/wali jika mengalami keslulitan atau ada hal yang belum jelas dapat bertanya kepada pihak sekolah,no yang bisa di hubungi adalah: 083821680670 ( Dhudi Firmansyah), 081221697257 (Dede Rohaeni, S.Pd)
PPDB SMP Krida Utama Tapel 2022/2023
PPDB ONLINE
Youtube SMPKU